Minggu, 11 November 2012

BERSAHABAT DENGAN HANDPHONE

Telepon genggam atau yang biasa dikenal dengan sebutan ‘ponsel’ bukanlah sesuatu yang asing dalam kehidupan sehari-hari kita pada saat ini. Alat komunikasi yang kini tersedia dalam berbagai macam operating system ini, semakin banyak digunakan, mulai dari usia sekolah dasar hingga orang lanjut usia. Namu, tahukah Anda, bahwa penggunaan ponsel yang berlebihan dapat menggangu kesehatan terutama berpengaruh pada otak kita karena radiasi yang ditimbulkan.
Banyak penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana cara mengurangi atau bahkan mengatasi efek yang ditimbulkan dari penggunaan ponsel ini. Ada banyak cara mengurangi efek radiasi telepon genggam terhadap otak, seperti yang dikutip dari Tabloid Gaya Hidup Sehat.
  1. Gunakan headset, pilihan lain adalah menggunakan fitur speakerphone.
  2. Jaga jarak ponsel dengan tubuh. Untuk pria sebaiknya ponsel jangan dikantongi atau digantung diikat pinggang, ini dapat mengurangi jumlah dan kualitas sperma. Dan untuk hal ini sudah dibuktikan melalui banyak penelitian. Untuk ibu hamil, jauhkan ponsel dari peru. Walaupun tidak digunakan radiasinya akan tetap berpengaruh.
  3. Kirim SMS saja. Sebisa mungkin kirim pesan pendek saja. Sudah pasti selain mengurangi radiasi dan lebih murah.
  4. Matikan ponsel.Tidak ada gunanya menyalakan ponsel sepanjang malam hari. Matikan ponsel pada saat Anda tidur. Jika membutuhkan alarm, gunakan jam meja.
  5. Charger jangan sampai ketinggalan. Ketika ponsel dalam keadaan low-batt, mesin akan bekerja lebih keras dan radiasi yang dipancarkan pun akan lebih tinggi.
  6. Jauhkan ponsel dari anak-anak. Dalam hal ini biasanya anak-anak akan menggunakan ponsel untuk bermain game. Lebih baik gunakan carikan permainan yang lebih aman.
Setelah Anda mengetahui beberapa cara mengurangi radiasi ponsel terhadap kesehatan otak kita, ada baiknya mulai sekarang mencoba menerapkan cara-cara di atas agar kita masih dapat bersahabat dengan ponsel sebagai alat komunikasi, tetapi juga tetap memperhatikan kesehatan otak kita untuk kehidupan yang lebih baik.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host